Premium Wordpress Themes
Cyber Home

Mazzava'

Disana gunung, disini gunung

di tengah-tengahnya Samudra Atlantik.

Ente bingung, ane lebih bingung

Yang penting rumput tetangga dari plastik.

Selasa, 15 Maret 2011

Manajemen Strategik

Berikut hasil yang dapat saya tangkap dari penjelasan mas om dosen :
Intisari dari manajemen strategik adalah mempertemukan dua kepentingan dalam organisasi, yaitu kepentingan internal dan kepentingan eksternal. Tujuannya adalah untuk menghilangkan gap (jarak) antara dua kepentingan tersebut. Didalam teori memang gap tersebut jarang/tidak pernah masuk dalam pembahasan, tapi dalam pengaplikasianya hal tersebut sangat penting.
Dalam rangka untuk mencapai tujuan tersebut harus ada suatu aktifitas yang membutuhkan sumber daya, dimana sumber daya itu harus dikelola. Perlunya pengelolaan sumber daya tersebut disebabkan untuk mendapatkannya diperlukan suatu pengorbanan (bukan pengorbanan dalam konteks cinta loh ya,,hehehe ).
Sumber-sumber tersebut diantaranya :
  1. Man
  2. Money
  3. Method
  4. Market
  5. Informasi
  6. Time
  7. dan lain-lain
Definisi dari manajemen strategik adalah serangkaian keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kinerja organisasi dalam jangka panjang. Tindakan manajerial yang dimaksud adalah mengaplikasikan 'fungsi fungsi manajemen pada masing masing bidang organisasi(ex : bidang pemasaran, keuangan, produksi/operasional dll) .
Manajemen strategik meliputi aktifitas pengamatan lingkungan, perumusan strategik (dimulai dari perencanaan strategik/perencanaan jangka panjang), evaluasi dan pengendalian. Manajemen strategik meneekankan pada pengamatan maupun evaluasi  peluang (opportunity) dan ancaman (threats) dalam lingkungan eksternal organisasi dengan melihat kekuatan (strenghts) dan kelemahan (weakness) dalam lingkungan internal.
Inilah yang disebut metode SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunity, Threats).

'Fungsi-fungsi manajemen : lihat disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar